5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Inventory



Sistem inventory berguna untuk menentukan jumlah persediaan yang optimal dengan biaya total yang minimal. Persediaan atau inventory meliputi bahan mentah atau bahan baku, bahan pembantu, bahan dalam proses atau work in process, suku cadang, dan barang jadi atau finished good, karena timbulnya ketidakpastian permintaan, ketidakpastian pasokan supplier, dan ketidakpastian waktu pemesanan. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventory untuk kebutuhan perusahaan Anda.


Manfaat dan keunggulan dari aplikasi stok barang tersebut tidak hanya terbatas pada kemudahan dan akurasinya. Berikut berbagai manfaat aplikasi stok barang secara lengkap:

1. Mencapai Efisiensi & Produktivitas dalam Kegiatan Berbisnis
Stok merupakan aset berharga bagi perusahaan, dan dengan menjaga stok Anda, berarti Anda bisa menjaga uang Anda yang ada pada nilai inventory Anda. Anda tidak boleh menyia-nyiakan nilai uang tersebut. Anda tentunya menginginkan efisiensi dalam pengelolaan tingkat stok agar bisnis Anda bisa menjadi arus kas yang positif.

Selain itu, analisis dan laporan yang sederhana dapat membantu Anda melihat produk mana yang dapat Anda jual dengan cepat dan melalui saluran penjualan yang mana. Mengingat pentingnya sistem inventory barang dalam dunia bisnis sekarang maka dari itu jasa pembuatan program inventory hadir di Indonesia.

Hal ini tentunya sangat membantu Anda untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas untuk kedepannya atau mungkin Anda bahkan bisa memprediksikan tren bagi bisnis Anda untuk tahap selanjutnya.


2. Integrasikan Seluruh Bisnis Anda
Pertama, program atau fungsi user management yang biasanya ada pada aplikasi stok barang memungkinkan Anda untuk, dengan mudah, membuat akun pengguna untuk setiap staf di perusahaan Anda, untuk departemen yang berbeda-beda seperti: manajemen, administrasi, penjualan, pembelian, dan lainnya.

Kedua, fungsi tasks and notes yang ada akan memungkinkan adanya kolaborasi antara anggota tim Anda. Staf Anda dapat saling berbagi informasi dengan lancar kepada pelanggan, pemasok (supplier), dan lainnya. Dengan cara ini, semua orang memiliki visibilitas penuh perihal setiap pesanan sampai terpenuhi dan sampai ke tangan pelanggan.

3. Minimalkan Biaya, Maksimalkan Penjualan serta Meningkatkan Profitabilitas
Kontrol terhadap inventaris juga penting jika Anda ingin meminimalkan biaya penyimpanan stok. Mengapa? Karena menyimpan stok dengan menyewa gudang itu mahal! Biaya penyimpanan, asuransi, pajak, pencurian, bencana alam, dan faktor-faktor lainnya dapat berpotensi memakan pendapatan Anda.

Selain itu, dengan kemampuan untuk mengotomatisasi operasi bisnis utama Anda, Anda akan dapat lebih efisien dan secara akurat memenuhi tugas-tugas seperti mengelola tingkat stok Anda, memperbarui daftar stok Anda di semua saluran penjualan Anda dan memproses pesanan, yang pada akhirnya akan mengurangi biaya Anda secara keseluruhan dan memaksimalkan tingkat profitabilitas perusahaan Anda.


4. Lebih Sedikit Kesalahan Seperti Overselling
Dengan aplikasi stok barang, level stok Anda akan terus disesuaikan setiap kali Anda melakukan penjualan dan akan secara otomatis melakukan sinkronisasi catatan tersebut pada semua jalur penjualan Anda seperti toko online, situs, dan lainnya yang akan mengurangi adanya kemungkinan overselling.

5. Otomatisasi Tugas Manual
Tidak ada yang ingin duduk-duduk memasukkan data secara manual atau melakukan perhitungan secara manual yang rumit dan sangat memakan waktu setiap ada pesanan pembelian yang masuk. Anda dapat menyerahkannya ke perangkat lunak untuk mengotomatiskan tugas umum ini untuk Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Aplikasi Pengelola Keuangan

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Cloud