Pengertian Aplikasi Pengelola Keuangan



Aplikasi adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk tugas yang spesifik atau khusus seperti akuntansi, analisis dalam bidang sains atau medis, atau pemrosesan kata. Bagian “Aplikasi” mengacu kepada keseluruhan set dari program yang secara kolektif mengimplementasikan sebuah proses bisnis yang spesifik. Program-program individual yang mengimplementasikan bagian dari proses bisnis ini dikenal sebagai “program aplikasi” atau “perangkat lunak aplikasi”. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menurut Wibisono, Program Aplikasi siap pakai merupakan program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain.26 Contoh aplikasi adalah program pemproses kata dan Web Browser. Aplikasi menggunakan sistem operasi (OS) komputer dan aplikasi lain yang mendukung. Istilah ini mulai perlahan masuk kedalam istilah Teknologi Informasi semejak tahun 1993, yang biasanya juga disingkat dengan app. Secara historis, aplikasi adalah software yang dikembangkan oleh perusahaan. Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut.

Menurut Patmawati (2015), menyatakan software akuntansi merupakan program yang dibuat untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi. Semua rangkaian kegiatan dalam akuntansi seperti menjual, posting kebuku besar, menyusun neraca saldo danlaporankeuangan dapat dikerjakan melalui program akuntansi. Dapat dikatakan bahwa kehadiran software akuntansi ini mampu memangkas pekerjaan seorang akuntan menjadi lebih cepat. Ada berbagai macam software akuntansi antara lain MYOB, Accurate, Ms. Exel (Spreadsheet), Dac Easy Accounting (DEA), Peachtree, K-System Indonesia, Zahir Accounting dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Inventory

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Cloud